5 Bukti Mengenai Gunung Merbabu, Anak Gunung Harus Tahu!



Bermediasi- Keindahan Gunung Merbabu sudah pasti tidak disangsikan . Gunung yang terdapat di Jawa Tengah ini terhitung satu diantara gunung favorite pendaki gunung Indonesia. Ditambah lagi pada musim kemarau ini, dimana pendaki dapat memperhatikan panorama dari pucuk gunung dengan benar-benar jelas. 

Jalan pendakian Gunung Merbabu sudah sempat ditutup sepanjang satu bulan semenjak tanggal 20 Mei 2019. Tetapi jalan pendakian sudah kembali dibuka pada tanggal 21 Juni 2019. Nah, buat kalian yang tidak sabar untuk mendaki Gunung Merbabu , yuk baca lima bukti tersebut yang dirangkum detikTravel dari beberapa sumber. 

1. Ada di Tiga Kabupaten 

Ruang Gunung Merbabu mencakup tiga kabupaten di Jawa Tengah yakni Magelang, Boyolali serta Semarang. Untuk terhubung gunung ini dapat lewat beberapa titik yakni Salatiga, Boyolali serta Magelang bergantung dari jalan pendakian yang diambil. 

2. Mempunyai Tiga Pucuk Penting 

Gunung Merbabu mempunyai tiga pucuk penting yakni Pucuk Trianggulasi, Pucuk Kenteng Songo, serta Pucuk Syarif. Dari ke-3 pucuk penting ini kalian dapat lihat gunung-gunung tinggi yang lain di Pulau Jawa, seperti Gunung Merapi, Sumbing, Sindoro, Lawu serta Slamet. 

3. Ada Lima Jalan Pendakian 

Gunung dengan ketinggian 3.145 mtr. di atas permukaan laut ini mempunyai lima jalan pendakian yakni jalan Kopeng Thekelan, Wekas, Kopeng Cunthel, Swanting serta Selo. 

Jalan yang paling popular sendiri ialah jalan Selo, hingga lebih ramai dibandingkan jalan yang lain. Satu diantara keunggulan jalan ini ialah panorama sabana yang menganakemaskan mata, ditambah lagi bila sedang musim mekar bunga edelweiss. 

Bila ingin mendaki Gunung Merbabu melalui jalan Selo, kalian dapat lakukan booking dengan online melalui situs https://www.tngunungmerbabu.org/. Tidak hanya mendaftarkan, kalian dapat juga memeriksa paket pendaki melalui situs ini. Untuk tahu selanjutnya langkah bookingnya, kalian dapat baca video di bawah ini. 

4. Sudah pernah Meletus 

Gunung Merbabu adalah gunung api bertipe strato yang sekarang tidak aktif . Gunung ini sudah pernah meletus pada tahun 1560 serta 1797. Pada tahun 1570, Gunung Merbabu diadukan sudah pernah meletus, tetapi belumlah ada konfirmasi tentang laporan ini. 

5. Diputuskan Jadi Taman Nasional 

Gunung Merbabu mempunyai empat lokasi rimba yakni rimba dipterokarp bukit, rimba dipterokarp atas, rimba montane, serta rimba ericaceous atau rimba gunung. Pada tahun 2004, ruang seluas 57 hektar di Gunung Merbabu dikatakan jadi taman nasional berdasar Ketetapan Menteri Kehutanan Nomer 135/Menhut-II/2004 tanggal 4 Mei 2004.

UPDATE TERSEDIA LIVECHAT POKER757 
DENGAN VERSI ANDROID & IOS
KLIK DI BAWAH INI

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Bukti Mengenai Gunung Merbabu, Anak Gunung Harus Tahu! "

Post a Comment