Deretan Mata Uang yang Paling Aneh di Dunia

Deretan Mata Uang yang Paling Aneh di Dunia

Bermediasi- Perkembangan sistem keungan di dunia memang mengalami peningkatan seiring berkembangnya zaman dengan kecanggihan teknologinya. Hal tersebut secara tidak langsung juga mengubah penggunaan uang sebagai alat pemuas, akan tetapi tahu tidak bahwa banyak sekali mata uang aneh di dunia ini?

Sistem keuangan setiap negara memiliki kelemahan masing-masing, yang pada akhirnya tidak jarang membuat krisis hingga menghasilkan sebuah kebijakan. Dari kebijakan tersebut, kadang menghasilkan pecahan mata uang baru, tak sedikit yang tergolong unik dan aneh.

Koin Freshwater Pearl, Republik Palau

Negara Palau merupakan salah satu negara kepulauan yang terletak di Samudera Pasifik, memiliki setidaknya 340 pulau. Tak hanya keindahan pulaunya, negara ini memiliki koin aneh dengan bentuknya yang terbilang unik hingga menarik perhatian banyak kolektor.

Koin tersebut merupakan mata uang pecahan negara tersebut yang diberi nama koin Freshwater Pearl. Meski terbilang unik, terdapat alasan terpuji dibalik pembuatan koin yang dilakukan oleh pemerintah di negara Palau.

Alasan dibuatnya koin Freshwater Pearl adalah sebagai bentuk dan upaya untuk meningkatkan kepedulian manusia terhadap kehidupan biota laut. Namun jangan terkejut, koin yang berbentuk bulat ini memiliki mutiara.

Menurut kabar yang beredar, mutiara yang ditempatkan pada koin tersebut merupakan simbol keberuntungan yang akan membawa kebahagiaan. Meski demikian, pecahan uang koin ini hanya diproduksi terbatas.

Meski memiliki mata uang sendiri, kenyataannya negara Palau lebih sering menggunakan mata uang USD sebagai alat pembayaran sekaligus mata uang utama di negara tersebut.

Pecahan 5000 Kwacha, Zambia

Kwacha merupakan mata uang utama salah satu negara republik yang terletak di Afrika, Zambia. Namun, terdapat salah satu mata uang pecahan milik negara tersebut yang menarik perhatian dunia, karena memiliki bentuk yang aneh.

Zambia memiliki koin pecahan 5000 Kwacha, namun koin ini berbentuk unik dan dapat disebut aneh, karena bentuknya tampak seperti souvenir Olimpiade Olympin yang digelar pada tahun 2000 di Sydney, Australia.

Desain mata uang Kwacha Zambia memang mengalami perubahan seiring zaman, sejak diperkenalkan pertama kali pada tahun 1968. Kwacha pertama kali dirilis melalui tujuh emisi berbeda, sementara yang kedua hanya dirilis satu kali.

Yang paling terbaru adalah dirilis pada 1 Januari 2013 dengan mengusung uang kertas redenominasi menjadi 2-,5-, 10-, 20-, 50- dan 100-kwacha. Uang kertas terbaru ini memiliki lambang negara Zambia, pohon dan elang ikan Afrika, burung nasional Zambia, Namibia, Zimbabwe dan Sudan Selatan.

Pengo, Hungaria

Hungaria memiliki mata uang yang telah digunakan sejak 1 Januari 1927 hingga tahun 1946 dan diberi nama Pengo. Namun, mata uang milik negara Hungaria ini pernah menjadi sangat tidak berharga selama krisis perang dunia.

Hal itu membuat Hungaria mengeluarkan nilai jual yang sangat rendah terhadap mata uang mereka pada saat itu. Tercatat Bank Hungaria saat itu mengeluarkan mata uang sebesar 1.000.000.000.000.000 yang hanya setara dengan 20 sen.

Uang dengan nominal seperti itu jika dialihkan ke kurs rupiah maka setara dengan kira-kira Rp5 ribu. Meski demikian, pemerintah Hungaria mulai sejak saat itu membuat kebijakan ekonomi dan perubahan ekonomi besar-besaran.

Hasilnya, mata uang Pengo kini tak lagi digunakan oleh negara tersebut. Sebagai gantinya, Hungaria kini memakai mata uang Forint yang masih digunakan dan dipakai sebagai mata uang utama mereka hingga saat ini.

Mata Uang Kepulauan Cook

Kepulauan Cook atau yang dikenal dunia dengan Cook Island merupakan salah satu kepulauan yang berada di Samudera Pasifik, tepatnya berdekatan dengan negara Selandia Baru. Karena berdekatan, Pulau Cook ini disebut memiliki dua mata uang yang dapat digunakan di negara tersebut.

Yang pertama adalah Dollar Selandia Baru dan yang kedua adalah Dollar Kepulauan Cook. Yang menarik dari mata uang ini adalah desain mata uang Dollar Kepulauan Cook yang memiliki tampilan tak biasa bahkan dapat disebut aneh.

Salah satu pecahan 10 dollar memiliki desain gambar seorang wanita yang bertelanjang dada, wanita tersebut ditampilkan tengah menaiki seekor ikan hiu dan berada di tengah lautan. Saking uniknya, mata uang ini menjadi primadona bagi para kolektor.

Akan tetapi, kini Anda sudah tidak dapat lagi berpeluang memiliki pecahan uang kertas 10 dollar Cook Island itu, karena seiring perkembangan zaman dan teknologi, desain untuk pecahan 10 dollar itu telah diganti dengan yang lebih baru.

Koin Tugrik Edisi JFK, Mongolia

Mongolia pernah memiliki satu koin dengan desain yang tak biasa, jika pada umumnya desain mata uang adalah unik dan menarik, maka desain koin pecahan 500 negara ini bisa dibilang memiliki tampilan yang sangat aneh.

Pemerintah Mongolia membuat sejarah dengan mengeluarkan uang koin pecahan 500 edisi khusus bergambar foto mantan Presiden Amerika Serikat, John F Kennedy saat tengah melakukan pidato kenegaraan.

Uang koin pecahan 500 ini dikeluarkan pemerintah Mongolia di tahun 2007, hal ini termasuk tidak lumrah dan aneh, karena bukan presiden Mongolia pada saat itu yang dijadikan sebagai desain justru malah presiden negara lain.

Satu lagi yang membuat lebih menarik dari kemunculan koin ini adalah apabila ditekan pada bagian tengahnya maka akan muncul suara pidato terkenal JFK ketika berada di Jerman Barat, yakni Ich bin ein Berliner.

Koin ini lumrah disebut aneh bukan hanya karena tampilan desainnya, tetapi juga alasan mengapa menggunakan foto JFK. Hingga berita ini diturunkan belum diketahui alasan pasti wajah JFK dijadikan desain koin tersebut.

Edisi Khusus Peso Filipina

Filipina pernah memiliki pecahan uang kertas yang disebut-sebut sebagai pemecah rekor uang kertas terbesar yang ada di dunia. Tepatnya pada tahun 1998 ketika Bank Pusat Filipina mengeluarkan sebuah mata uang baru.

Langkah Bank Pusar Filipina itu juga sekaligus sebagai upaya untuk memperingati perayaan 100 tahun berdirinya negara Filipina. Negara ini membuat pecahan mata uang 100.000 peso dengan ukuran yang tidak biasa.

Ukuran yang tidak biasa itulah yang pada akhirnya membuat keluaran baru tersebut dijadikan sebagai mata uang terbesar di dunia. Bagaimana tidak, uang kertas itu memiliki dimensi sebesar 356mm x 216mm, uniknya lagi Filipina membuat uang tersebut di Jerman.

Uang kertas ini dicetak dalam ukuran setara dengan kertas A4, untuk menghargai 100 kemerdakaan Filipina dari penjajahan Spanyol, uang keluaran baru ini ditaksir memiliki nilai setara 3.700 dolar Amerika atau Rp48,6 juta.

Sebagai bekas koloni Amerika Serikat, Filipina menggunakan bahasa Inggris untuk menamai mata uangnya, yakni dengan nama Peso. Peso yang kini masih menjadi mata uang negara Filipia itu muncul dan pertama kali digunakan pada 1967.

Tahun 2009, Bangko Sentar ng Piipinas yang merupakan bank central di filipina menyatakan bahwa mereka membuat desain ulang besar -besaran untuk uang kertas dan koin, langkah tersebut diambil agar meningkatkan fitur keamanan dan daya tahan.

UPDATE TERSEDIA LIVECHAT POKER757 
DENGAN VERSI ANDROID & IOS
KLIK DI BAWAH INI

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Deretan Mata Uang yang Paling Aneh di Dunia"

Post a Comment