Misteri Gua Suci, Ada Pahatan Tangan Tahun 1026




Bermediasi- Julukan Kota Seribu Gua kelihatannya memang wajar disematkan pada Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Banyak gua yang eksotis untuk didatangi.

Sampai kini warga atau pelancong lebih kenal Gua Ngerong yang unik dengan beberapa ribu kelelawar yang tergantung di atap gua.

Selanjutnya, Gua Besar yang populer dengan keindahan staklatit serta staklamit-nya, serta ada banyak gua-gua yang lain yang menyuguhkan keindahan alami.

Tetapi, nyatanya ada satu gua yang tidak kalah eksotis serta termasuk masih alami. Ialah Gua Suci, yang terletak ada di Dusun Suci, Desa Wagun, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Tidak banyak didapati asal mula gua yang mempunyai luas seputar 624 mtr..

Dari info yang digali SINDOnews, gua yang berstruktur batuan kapur ini bukan gua alam, tetapi bikinan manusia pada saat Kerajaan Majapahit.

Hal tersebut diperkokoh dengan pahatan angka tahun di satu diantara dinding gua memakai angka Jawa kuno yang menyebutkan tahun 1026.

Terlihat guratan gambar wayang yang disebut satu diantara sisi narasi Arjunawiwaha, dan beberapa gambar (kode-kode) seperti lengkungan yang sampai sekarang belum didapati tujuannya.

Situs Gua Suci yang memiliki ukuran panjang 90 mtr. dengan lebar 80 mtr. ini sudah diputuskan jadi benda cagar budaya (BCB) semenjak tahun 1979.

Tinggalan arkeologis di situs ini berbentuk ruang-ruang yang sama-sama dikaitkan dengan lorong-lorong yang besar.

Kelebihan di Gua Suci, ada warna dinding gua, pahatan-pahatan kuno, sampai Ray of Light dari sela atap serta mulut gua yang benar-benar indah.

Gua ini mempunyai kedalaman seputar 14 mtr., dengan atap kerucut serta berlubang dengan dinding gua yang berundak-undak.

Dari lubang itu pancaran cahaya matahari masuk hingga cahayanya sering disebutkan ‘cahaya dari surga’ atau Ray of Light. Banyak pelancong yang manfaatkan pancaran sinar itu jadi spot berpose.

Hingga, pelancong dianjurkan untuk hadir di siang hari (09.00-13.00 WIB) waktu cuaca cerah supaya memperoleh hasil photo yang bagus.

Diluar itu, di gua ada stalaktit yang indah hingga membuat situasinya berasa sejuk. Sisi dalam gua seringkali digunakan jadi spot photo sebab latar belakangnya yang modern.

UPDATE TERSEDIA LIVECHAT POKER757 
DENGAN VERSI ANDROID & IOS
KLIK DI BAWAH INI

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Misteri Gua Suci, Ada Pahatan Tangan Tahun 1026"

Post a Comment