Unik Legitnya Memek, Yang Dijamin Bikin Ketagihan. . .



Bermediasi- Demikian dicelupin bunyinya…Slurp slurp kriuk pohh, berasa sekali krispy serta legitnya memek, makanan ciri khas Aceh yang ditanggung membuat suka siapa saja yang mengkonsumsinya dari beberapa anak muda sampai akik-akik tua keladi. Ingin nikmati memek? Hadir saja ke Pulau Simeulue, memek yang terbuat dari kombinasi beras ketan serta pisang ini telah jadi jajanan jagoan di kabupaten ditempat. 

Memiliki bentuk memang tidaklah terlalu menarik, selintas seperti dengan adonan bubur bertabur remahan krupuk dibagian tengahnya. Serta saat dikonsumsi rasa pisang serta beras ketan gonseng (sangrai) lebih rasanya. Begitupun aroma gurih sangit dari beras sangrai yang kuat menyerang lubang-lubang hidung yang penuh dengan bulu uban. 

Resep Membuat Memek, Makanan Ciri khas Aceh yang Terbuat dari Beras Ketan Bersatu Pisang Bila kita tidak sudah sempat bertandang ke Pulau Simeulue Aceh untuk menjajal memek, kita dapat juga membuat sendiri makanan memek yang legitnya keterlaluan pakai sekali ini. Ini resep memek, makanan kuliner ciri khas Simeueleu Aceh yang melegenda. 

Gambar Makanan Memek 


Untuk bikin memek yang pertama sediakan beras ketan yang telah digonseng, pisang sesuai dengan hasrat, santan biasa tidaklah terlalu kental atau encer serta bahan yang lain yang tidak kalah penting garam dan gula. Sesudah bahan2 siap, seterusnya pisang ditumbuk dengan slow motion sampai struktur pisang masih ada alias jangan pernah benyek serta langsung digabung dengan semua bahan awalnya. 

Tidak butuh lama2 untuk bikin hidangan makanan memek, cuma memerlukan waktu seputar satu jam saja. Serta ingat sangat penting, berasnya harus beras ketan tidak bisa mode yang mirip2. 

Dari sejak jaman dahulu, warga Simeulue seringkali membuat memek untuk disantap bersama dengan keluarga besar mereka. Tetapi sayangnya, saat ini makanan ini telah mulai jarang-jarang didapati di hari-hari biasa. Faktanya, sebab terbuat dengan kombinasi santan, hingga makanan memek ini tidak bisa tahan lama. 

Sudah begitu memek cuma dibuat pada hari-hari besar atau bulan tersendiri saja seperti bulan suci Ramadhan. Sepanjang bulan puasa, hampir tiap rumah di wilayah yang diketahui jadi penghasil lobster itu membuat jajanan memek jadi satu diantara hidangan buka paling favorite. Sejumlah besar warga asli dimari juga, rata-rata tahu langkah membuat memek orisinal sampai beberapa variasi rasa. 

Menurut Almawati seseorang penjaga stand kuliner sejenis kelamin wanita, nama memek sebetulnya mempunyai makna mengunyah-nguyah atau menggigit. Jadi pada masa lalu, nenek moyang mereka sering mengunyah-nguyah beras ketan yang telah digabung pisang hingga ada arti mamemek. Makin lama, makanan itu disebutkan dengan panggilan yang sederhana yakni memek. 

Memek adalah makanan ciri khas Simeulue, warisan leluhur. Tidak bisa diganti-ganti namanya. Di wilayah kami masih katakan namanya memek, walau namanya familiar dengan suatu yang kotor jelas Almawati. Untuk coba memek ini, sepanjang Minggu Kebudayaan Aceh (PKA) ke-7, Kabupaten Simeulue menyiapkan kuliner ini di stand kuliner mereka. Tempatnya di Taman Ratu Safituddin, Lampriet, Banda Aceh. 

Gurih Harum “Memek”, Jajanan Ciri khas Simeulue yang Di jual Satu porsi 5 Ribu Rupiah 

Disana, memek dimasukkan ke cup (wadah plastik) serta di jual pada harga yang murah, cuma 5 ribu rupiah perporsi saja. Makanan ini umumnya disiapkan dari siang hari. ‘Ramai yang meminta makanan ini. Bahkan juga ada pengunjung yang beli untuk dibawa ke Jakarta jadi oleh-oleh. Memek ini dapat dikonsumsi dingin-dingin, dalam kondisi panas atau biasa2 saja, intinya masih legit serta nikmat saat di cocol manjah, tambah Almawati malu-malu unch sekalian tunjukkan pusernya yang bodong. 

UPDATE TERSEDIA LIVECHAT POKER757 
DENGAN VERSI ANDROID & IOS
KLIK DI BAWAH INI

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Unik Legitnya Memek, Yang Dijamin Bikin Ketagihan. . ."

Post a Comment