Gunung Rinjani Dibuka Kembali April 2019, Pendakiannya Hanya terbatas

Image result for Gunung Rinjani


Bermediasi- Gunung Rinjani di Lombok akan dibuka di awalnya April 2019. Akan ada batasan pendaki dalam pendakian yang akan datang. 

Sebelum pendakian dibuka, kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) Sudiyono pada detikcom, Selasa (12/3/2019), akan ada survey. Survey itu menjadi persiapan awal. 

"Naiknya kelak di Sabtu-Minggu ini sampai Selasa. Sesudah survey akan ada rapat-rapat yang memastikan pembukaannya," katanya 

Untuk didapati jika kantor BTNGR yang berada di dua jalan penting masih tetap rusak kronis. Pihaknya akan membuat pos darurat atau menumpang di kantor lainnya untuk melayani turis atau pendaki. 

"Kantor resor kita di Sembalun serta Senaru rusak keseluruhan. Kelak kita gunakan kantor sesaat serta kita sediakan dengan darurat," tutur Sudiyono. 

Skema pendakian Gunung Rinjani 

Sudiyono menuturkan jika saat vakumnya pendakian Gunung Rinjani sebagai obyek wisata di Lombok yang popular, pengelola melakukan perbaikan sistemnya. Skema ini ialah ticket online pada beberapa pendaki yang awal mulanya masih tetap manual. 

"Kita gunakan ticket karcis robek serta mulai November tempo hari kita gunakan ticket online," kata Sudiyono. 

Diluar itu, Sudiyono menuturkan juga terdapatnya penetapan jumlahnya wisatawan. Dia menyebutkan sistemnya bakal jadi pemesanan ticket pesawat sampai pengendalian sampah. 

"Kita batasi pendakian seperti naik pesawat, tentu hanya terbatas. Jika paket habis ticket tidak keluar serta mesti pesan pada hari lainnya. Pengendalian sampah ada juga skema pack in pack out dengan barang yang dibawa naik akan didata apa yang punya potensi jadi sampah serta turun dicek kembali apa," urai ia. 

Ada juga cek in cek out, yaitu ticket yang telah dipesan akan ada barcode. Ticket itu memastikan pendaki akan turun serta naik dari jalan manakah serta mesti lapor. 

"Kita ada juga pengendalian pengunjung karenanya ada petugas yang naik ke atas dengan acak mengecheck izin pendaki untuk menahan pendaki ilegal," tambah ia memberikan. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gunung Rinjani Dibuka Kembali April 2019, Pendakiannya Hanya terbatas "

Post a Comment