Lihat Fakata Seberap Berapa Aman Kehidupan Di Cina?



Bermediasi- Li menyebutkan angka masalah kriminil bersenjata di Cina turun sampai 27,6% pada 2018. 

Kantor berita pemerintah Cina tampilkan kutipan video Li waktu menginformasikan angka itu, yang sekarang sudah dilihat lebih dari satu juta kali. 

Pertanyaannya, bagaimana tingkat keamanan di Cina bila dibanding dengan negara lainnya? Temukan kita meyakini statistik yang diuraikan Li? 

Pemerintah Cina mengaku, semenjak 2012 sampai 2017 angka masalah kriminil bersenjata turun mencolok dari 331 masalah jadi 58 masalah, alias 81,3%. 

Ahli kriminologi di Kampus Makau, Xu Jianhua, menyebutkan angka itu meliputi semua kejahatan yang menyertakan pemakaian senjata api. 

"Berkaitan kekerasan bersenjata, Cina dapat dikatakan sebagai negara dengan angka paling rendah sebab pemerintah ditempat menetapkan penetapan yang ketat." 

"Tetapi bukan bermakna type kejahatan yang lain pun rendah di Cina," kata Xu. 

Statistik ini dilihat dengan beberapa perhatian spesial oleh beberapa ahli. Borge Bakken yang memahami kriminalitas Cina di Kampus Nasional Australia, berupaya gawat. 

"Ada beberapa kebohongan, kepalsuan yang membuat frustrasi, serta statistik kriminalitas Cina. Ini propaganda serta pemalsuan data ini bergulir dari tiap-tiap kantor kepolisian ke petinggi tinggi pemerintahan," katanya. 

Ada banyak fakta dibalik rendahnya angka masalah kriminil bersenjata di Cina, walau data tersebut tidak bisa dihandalkan. 

Mempunyai senjata adalah tindakan ilegal buat tiap-tiap masyarakat sipil Cina. Pemerintah lokal juga dengan agresif mengambil alih senjata-senjata api yang ada. 

Mengacu statistik pemerintah Cina, polisi merebut 146 ribu pucuk senjata api pada 2018. 

Statistik dari belahan dunia lainnya 

Data masalah kriminil bersenjata di Eropa serta Amerika Serikat semakin dapat dibuka dibanding Cina. 

Pada 2017 di AS, mengacu data Biro Investigasi Federal (FBI) terdaftar 314.931 masalah pembunuhan, perampokan, serta serangan memakai senjata api. 

Dalam tahun yang sama, di Inggris serta Jerman, ditambah masalah intimidasi bersenjata, ada 6.375 serta 8.935 masalah yang dicatat kepolisian. 

Angka ini tidak bisa demikian saja dibanding dengan cara langsung dengan statistik Cina. Akan tetapi dengan gampang, mass media Cina bisa mengerti beberapa cerita kejahatan serta menunjuk bahaya yang berada di AS. 

Pengumpulan serta laporan data masalah kriminil adalah perihal yang polemis di banyak negara. 

Macam data tergantung pada tekad publik memberikan laporan kejahatan yang berlangsung serta pergantian pengertian masalah tindakan kriminil itu. 


Meliput kejahatan di Cina 

Analisis oleh Celia Hatton, editor BBC untuk lokasi Asia Pasifik 

Hampir sehari-hari, bermacam tabloid yang diurus pemerintah Cina tampilkan penusukan, penembakan, serta serangan seksual yang berlangsung di negara Barat. 

Mass media itu mempunyai obsesi spesial pada kejahatan bersenjata yang berlangsung di AS. 

Pesan yang akan dikatakan lewat kabar berita itu ialah bagaimana tidak amannya hidup di negara Barat. Juli 2018, Kedutaan Besar Cina di Washington mengingatkan masyarakat negera mereka untuk hindari pergi keluar malam di AS. 

Pemerintah Cina ingin membuat perlindungan masyarakatnya. Akan tetapi mereka pun akan ambil keuntungan spesifik buat kebijaksanaan keamanan domestik. 

Kebijaksanaan itu diperuntukkan membuat perlindungan penduduk serta di lain sisi untuk menjaga kontrol Partai Komunis Cina. 

Angka kejahatan bersenjata yang rendah itu dapat juga jadi fakta pembenar pemerintah Cina atas jaringan pengawasan mereka. 


Tahun 2015, otoritas Beijing menginformasikan, camera pengawas kepolisian akan dipasang di tiap-tiap pojok kota. Targetnya pada 2020, kata mass media lokal, pemerintah Cina akan mengakhiri jaringan pengawasan berbasiskan tehnologi pengenal muka. 

Mass media punya pemerintah dengan reguler menyebutkan 'Mata Tajam' jaringan pengawas yang bisa hentikan kejahatan. 

Juni lantas, mass media lokal ramai memberitakan perselisihan mengenai uang yang menyertakan dua masyarakat desa Jiantai di barat daya Propinsi Sichuan. 


"Waktu seseorang pemuda akan menyerang dengan pisau tajam, polisi segara hadir untuk hentikan tindakan yang bisa menyebabkan banjir darah," demikian kabar berita yang muncul. 

Tidak bingung di sosial media beberapa masyarakat Cina sama-sama menggerakkan untuk habiskan berlibur di negeri, lokasi yang dipandang aman. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lihat Fakata Seberap Berapa Aman Kehidupan Di Cina? "

Post a Comment