Di Banyuwangi, Sampah Plastik Dirubah Jadi Emas



Bermediasi- Sampah plastik sudah jadi perhatian serius beberapa aktivis konservasi lingkungan. Beberapa taktik didesain supaya penduduk tersadar tentang bahaya sampah plastik. 

Di Banyuwangi, Jawa Timur, pergerakan mengurus sampah disuguhi lewat cara unik. Setiap sampah yang disatukan bisa dikonversi jadi emas. 

Direktur Pemasaran serta Peningkatan Produk Bank Sampah The Gade Clean serta Gold, Harianto Widodo menjelaskan, sampah plastik yang disatukan masyarakat bisa `diubah` jadi emas. 

" Untuk proses sampah jadi emas, diawali dari penentuan sampah yang diambil dari sampah rumah tangga. Lantas masuk proses penyetoran, penimbangan, hitungan, serta sampai step akhir hasil penimbangan ke tabungan emas," kata Harianto, dilaporkan Liputan6.com, Jumat, 25 Januari 2019. 

Harianto menyebutkan, sampah plastik yang disetor masyarakat di program Clean and Gold, akan sesuai di harga emas. Contoh, seseorang yang menyetor sampah sejumlah Rp6.500 bermakna sudah mempunyai 0,01 gr emas. Anggapan yang laku yakni harga emas per gramnya Rp650 ribu. 

Pemilik tabungan dapat jual emas dapat telah sampai satu gr. Atau dapat diciptakan berbentuk emas batangan jika telah sampai lima gr. 

" Jika telah sampai satu gr dapat di jual atau digadaikan pada kami, tetapi mesti disisakan di saldo sebesar 0,1 gr. Sedang untuk dapat dirupakan berbentuk emas jika sampai lima gr," kata ia. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Di Banyuwangi, Sampah Plastik Dirubah Jadi Emas "

Post a Comment