Cara Aman Berkendara saat Hujan Bagi Bikers Berkacamata


Bermediasi- Berkendara motor di kondisi hujan tentunya membutuhkan konsentrasi lebih. Terutama bagi bikers yang memakai kacamata sebagai alat bantu penglihatan. 

"Pada saat situasi hujan bagi pengendara sepeda motor yang berkacamata, pasti terkendala dengan penglihatan," kata Head of Safety Riding Promotion Wahana Honda Agus Sani.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan bikers berkacamata supaya tetap aman berkendara di bawah guyuran air hujan. "Paling utama tentu harus pakai helm dengan visor untuk melindungi kacamata dari tetesan air hujan," terang Agus. 

Namun terkadang masalahnya, visor maupun kacamata gampang mengembun jika berada di kondisi yang lembab.

"Maka itu bisa juga coba cara lain. Kacamata dan visor helm-nya disemprotkan cairan anti-fog agar tidak berembun saat hujan dan perjalanan tetap nyaman," saran Agus. 

Lalu usahakan membawa tisu kering, agar ketika kacamata terkena air hujan dapat langsung dilap dan pandangan dapat fokus kembali. Agus menyarankan agar tidak menggunakan masker saat berkendara. 
"Usahakan tidak menggunakan masker pada saat berkendara di kondisi hujan, karena udara yang keluar dari hidung dan mengenai kacamata dapat menyebabkan kacamata menjadi berembun," terang Agus. 

Di luar hal itu, bikers juga perlu mengenakan perlengkapan berkendara lainnya seperti jas hujan dan mantel sepatu. Khusus untuk jas hujan, usahakan jangan memakai model ponco karena jas hujan jenis tersebut kurang aman digunakan saat riding. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Aman Berkendara saat Hujan Bagi Bikers Berkacamata"

Post a Comment