5 Panduan Berolahraga untuk Pemula

Image result for Berolahraga untuk Pemula


Bermediasi- Berapa kali kamu olahraga dalam seminggu? Pasti ada deh, yang olahraga saat jam pelajaran Olahraga saja. Hihihi… Tenang, kita masih bisa mengubah kebiasaan ini agar hidup lebih sehat, kok. Supaya olahraga nggak terasa berat, terutama bagi para pemula, lakukan hal berikut ini, deh.

1.Mulai yang simpel

Karena baru memulai, lebih baik lakukan olahraga ringan terlebih dulu. Misalnya, jika kita pengin menekuni olahraga lari, sebaiknya mulai berlari ringan dalam waktu singkat. Misalnya, 15 menit sampai 1 jam. Setelah itu, tingkatkan sedikit demi sedikit. Jika kita pengin menambah massa otot dengan angkat beban, lakukan dari beban ringan setahap demi setahap, agar otot nggak kaget.

2.Periksa denyut jantung

Sekarang kan, sudah banyak aplikasi dan aksesori yang mendukung kegiatan olahraga kita. Salah satunya untuk mengecek denyut jantung. Kita harus rutin mengecek denyut jantung saat berolahraga, jangan sampai terasa sakit, karena jantung dipaksa bekerja terlalu keras. Kalau kita nggak punya aksesori atau aplikasi olahraga tersebut, bisa mengecek secara manual, kok. Kita bisa memperkirakan apakah dada terasa sakit saat mengambil napas.

3.Jangan memaksa

Saat merasa kesulitan bernapas, sakit di bagian tubuh tertentu atau kelelahan, segera istirahat, ya. Jangan memaksa tubuh untuk bekerja lebih keras lagi. Nanti tubuh kita bukan fit, malah kesehatannya drop, lho! Selain itu, perhatikan apakah tubuh kita cukup sehat untuk berolahraga. Memaksakan diri berolahraga saat sakit justu bisa bikin kondisi kesehatan memburuk.

4.Makan sebelum olahraga

Meski tujuan kita adalah menurunkan berat badan, bukan berarti kita olahraga dalam keadaan lapar. Yup, jangan membiarkan perut kosong saat olahraga. Tubuh juga butuh energi saat membakar kalori dan lemak. Supaya nggak sakit, sebaiknya konsumsi makanan rendah lemak dan karbohidrat, tapi berprotein tinggi sekitar dua jam sebelum olahraga.

5.Sedia minuman isotonik

Siapa yang sering pusing saat olahraga karena tekanan darahnya rendah? Nah, supaya tekanan darah tetap normal, kita bisa meminum cairan isotonik, lho! Minuman yang dikonsumsi saat olahraga dalam waktu lama ini bisa membantu tekanan darah tetap stabil dan asupan gula kita tetap terjaga. Jadi, kita bisa tetap segar setelah olahraga.

Jadi, masih bikin alasan untuk nggak olahraga? Ingat, olahraga nggak cuma bikin sehat, tapi bentuk tubuh lebih keren!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Panduan Berolahraga untuk Pemula "

Post a Comment