Bermediasi- Sebagai salah satu mobil terlaris di Indonesia, Toyota Avanza banyak dicari unit bekasnya. Namun semenjak terjadinya wabah virus Corona, Toyota Avanza makin jarang dicari konsumen, khususnya di situs jual beli mobil bekas.
Dalam siaran pers situs jual beli online barang bekas, OLX, yang diterima detikOto, menjelaskan adanya penurunan jumlah permintaan (pencarian) mobil sekitar 40%, di minggu pertama bulan Ramadan (23 April 2020), dibandingkan data pada 5 Maret 2020 atau beberapa hari setelah kasus COVID-19 pertama di Indonesia diumumkan. Pada periode yang sama, data juga menunjukkan adanya penurunan sekitar 30% pada jumlah listing mobil di OLX.
Jika dirinci, merek-merek mobil favorit seperti Toyota Avanza, Suzuki Ertiga dan Daihatsu Xenia mengalami penurunan permintaan paling besar, sekitar 50%-60%, hingga minggu pertama bulan Ramadan 2020. Namun situasi berbeda terjadi pada permintaan atas mobil mewah, seperti Toyota Fortuner, Toyota Alphard dan Mitsubishi Pajero Sport yang hanya mengalami penurunan sekitar 30%.
"Penurunan ini sudah diduga akan terjadi di tengah kondisi perekonomian masyarakat yang terpukul akibat pandemi ini. Menurunnya daya beli masyarakat serta berubahnya prioritas masyarakat untuk pembelian barang tersier seperti mobil menjadi beberapa penyebab menurunnya jumlah permintaan atas mobil di platform OLX," kata Direktur Marketing OLX Indonesia, Ichmeralda Rachman, dalam keterangan resminya.
"Dengan adanya ketidakpastian ekonomi ini, kami memperkirakan kondisi ini akan terus terjadi sepanjang sisa bulan Ramadan 2020 ini. Situasi ini berbeda dengan Ramadan 2019, di mana jumlah permintaan terus meningkat hingga minggu ketiga Ramadan. Sejalan dengan jumlah permintaan, jumlah listing pada Ramadan tahun lalu juga sempat mengalami peningkatan dan relatif stabil selama bulan Ramadan 2019," lanjutnya lagi.
Meski terjadi tren penurunan pada jumlah listing dan jumlah permintaan pada tipe-tipe mobil, namun untuk tipe mobil MPV dari brand mobil Jepang disebut masih menjadi mobil yang paling dicari pengguna OLX.
"Toyota Avanza dan Toyota Innova masih menjadi dua merek mobil teratas pilihan para pengguna, disusul oleh Honda Jazz dan Daihatsu Xenia. Preferensi merek mobil ini konsisten sebelum dan semasa pandemi COVID-19 ini. Dengan jumlah keluarga yang cenderung besar dan terbiasa hidup secara komunal (memiliki komunitas), masyarakat Indonesia lebih menyukai mobil yang memiliki kapasitas besar dan multiguna," terang Ichmeralda.
Ditambahkan Ichmeralda, meski terjadi tren penurunan pada jumlah listing dan jumlah permintaan akan mobil, namun tren harga tidak berubah signifikan. Harga rata-rata pada listing yang ada di OLX pada minggu pertama Ramadan (23 April 2020) berada pada angka Rp 193 juta, hanya menurun sekitar 5% dari harga rata-rata listing pada 5 Maret 2020.
Sementara itu, pada periode yang sama, harga rata-rata pada permintaan mobil bekas justru meningkat sekitar 5% dan berada di kisaran harga Rp 146 juta. Tipe MPV masih tetap mendominasi, baik pada listing maupun permintaan akan mobil bekas.
0 Response to "Dampak Corona, Avanza Cs Makin Jarang Dilirik di Situs Jual Beli Mobil Bekas"
Post a Comment