Panduan Sebelum Menelusuri Rimba



Bermediasi- Apa pun fakta di balik penelusuran atau misi penelusuran, begitu penting buat Anda untuk betul-betul menyiapkan diri. 

Panduan Terpenting Sebelum Menelusuri Rimba 

Terdapat beberapa fakta untuk menelusuri rimba. Anda mungkin mengharap bisa temukan suku yang hilang, lihat kehidupan di alam liar yang mengagumkan, memphoto harimau atau temukan serangga aneh yang belumlah bernama. Atau Anda ingin menguji keberanian, kecerdasan serta kecakapan fisik. 

Apa pun fakta di balik penelusuran atau misi penelusuran, begitu penting buat Anda untuk betul-betul menyiapkan diri. Saat menjejakkan kaki di jalan setapak rimba, Anda akan tinggalkan era ke 21 di belakang serta masuk satu tempat yang hampir serupa keadaannya dengan beberapa ribu tahun kemarin. Tidak akan ada kembali tehnologi moderen. Tidak ada mobil, jalan raya, rumah sakit, toko, pos polisi, dan sebagainya. 

Hanya satu yang dapat dihandalkan hanya diri pribadi, oleh karenanya, butuh persiapan masak sebelum penelusuran diawali. 

  1. Yakinkan Anda pada keadaan kesehatan yang fit. Berjalan melalui rimba begitu melelahkan, terpenting bila vegetasinya begitu rimbun serta ada bukit yang perlu didaki. Bila tidak dalam keadaan kesehatan yang sempurna, bukan mustahil Anda akan bermandikan kehabisan nafas bahkan juga sakit. 
  2. Adaptasikan badan Anda. Sebelum menelusuri rimba, terpenting buat Anda untuk sesuaikan badan dengan situasi panas serta lembab di rimba. Anda harus juga melatih diri pada nada berisik burung-burung, monyet, serangga. Anda harus juga terlatih pada kehadiran pohon besar. Dalam persiapan penelusuran Anda, coba berjalan di rimba kecil yang aman di seputar rumah Anda. Bila tidak ada, Anda dapat menggantinya dengan jalan-jalan di kebun binatang. 
  3. Kenali mengenai tanaman serta hewan beresiko yang kemungkinan Anda jumpai, hingga bisa memprediksi apakah yang akan Anda kerjakan bila mereka menyerang. Perhatikan beberapa gambar hewan serta tanaman rimba tiada cap, serta lihat berapa cepat anda bisa mengetahui mereka. 
  4. Balajar berenang. Sebab banyak daerah di rimba yang tidak mungkin dilewati dengan berjalan kaki, mungkin Anda akan meneruskan perjalanan lewat sungai dengan beberapa macam perahu, seperti Kano atau rakit tiada mesin motor. Tetap ada peluang perahu yang anda tumpangi terbalik karena tingkah buaya atau kuda nil. Jadi, dapat berenang dengan baik bisa selamatkan hidup Anda. 
  5. Temukan info sebanyak-banyaknya mengenai tempat yang akan Anda datangi. Tekuni beberapa feature lansekap terpenting dari peta, buku tips serta diagram. Beberapa hal seperti tempat serta nama sungai penting, rawa sangat beresiko serta ruang bukit yang aneh terpenting untuk didapati. 
  6. Tekuni budaya penduduk yang tinggal di seputar rimba arah Anda. Tekuni beberapa kata dari bahasa mereka hingga Anda bisa menanyakan atau minta tolong saat suatu hal jelek berlangsung. Tekuni pun rutinitas penduduk ditempat. Jangan pernah Anda dipandang tidak sopan cuma sebab lakukan beberapa hal remeh yang dipandang jelek oleh mereka. 
  7. Tinggalkan salinan gagasan perjalanan pada seorang yang Anda yakin. Hingga mereka dapat memberi tahu team penyelamat di mana tempat penelusuran mesti diawali bila Anda tidak kembali pas waktu. 
  8. Yakinkan Anda sudah membaca buku-buku tips penelusuran rimba, beberapa tips terpenting bertahan hidup serta buku-buku rujukan mengenai rimba yang akan Anda telusuri. 

Bila semua persiapan telah Anda kerjakan, sediakan mental serta optimis diri Anda untuk selekasnya pergi. Selamat menelusuri! 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Sebelum Menelusuri Rimba "

Post a Comment